Mengenai Saya

Foto saya
Thariqah Sammaniyah al-'Aliyyah al-Qodiriyah al-Khalwatiyah - Syatthariyah 'Arifin Billah - Syatthariyah Ashaliyah - Naqsyabandiyah al-Khalidiyah. Dibawah bimbingan : Guru Mursyid Tengku Mudo al-Khalidi as-Sammani as-Syatthari. Dengan alamat : Kelurahan.Jombang, Kecamatan.Ciputat, Kota.Tagerang Selatan, Provinsi.Banten. WhatsApp Admin : 082385789999

Selasa, 26 Maret 2019

KERAMAT SYEKH MUHAMMAD SAMMAN AL-MADANI

KERAMAT SYEKH MUHAMMAD SAMMAN AL-MADANI
Keramat atau Karomah menurut istilah sufi adalah suatu kemuliaan yang diluar kebiasaan, muncul keistimewaan pada diri seorang hamba yang tampak keshalihannya dan selalu istiqomah mengikuti kewajiban taklif syari'at seorang Nabi. Suatu kejadian luarbiasa yang diberikan Allah khusus bagi para hambanya yang bertaqwa dan shalih yang dalam istilah al-Qur'an diberikan nama para Waliyullah.
Menurut Imam Syafi'i, kekeramatan para wali merupakan salahsatu pokok pembicaraan orang-orang sufi dan hal tersebut memang banyak terjadi sehingga mengingkarinya adalah suatu kemunafikan.
Syekh Muhammad Samman bin Abdul Karim al-Madani (1718-1776) pengasas Tarekat Sammaniyah, diyakini oleh murid-muridnya dan para ulama lain sebagai seorang Wali Qutub yang banyak memiliki keramat yang luarbiasa. Keramat-keramat Syekh Muhammad Samman ini telah dihimpun oleh salah seorang khalifahnya yakni Syekh Siddiq bin Umar Khan di dalam kitab "Manaqib al-Kubro". Dalam manaqib ini disebutkan ada sekitar 72 macam keramat Syekh Muhammad Samman baik ketika beliau masih hidup maupun setelah beliau wafat. Di antaranya ialah sbb:
1. Pengalaman Muhammad Saleh yang sedang masakat (kesusahan) saat isterinya mau melahirkan namun tidak ada bidan. Lantas ia berdo'a dan bertawassul kepada Syekh Muhammad Samman, maka beliau pun hadir dan isterinya melahirkan dengan selamat.
2. Pengalaman salah seorang murid Syekh Muhammad Samman yang dimarahi oleh seseorang agar tidak menyebut-nyebut nama Muhammad Samman sebagai gurunya. Hal itu diberitahukan kepada Syekh Muhammad Samman dan akhirnya dikabarkan bahwa orang itu keluar dari Islam dan masuk penjara karena hal-hal lain.
3. Ada seorang yang melecehkan dan benci terhadap Syekh Muhammad Samman dan melarang murid-muridnya berzikir Ratib Samman di masjid mulai hari Jum'at yang akan datang. Namun akhirnya orang itu mati sebelum hari Jum'at tersebut sesuai dengan perkataan Syekh Muhammad Samman.
4. Seorang dukun, yang mengobati anak Syekh Muhammad Samman yang bernama Abdul Karim karena sakit, keesokan harinya sang dukun mati karena sehari sebelumnya ia bersikap merendahkan syafaat Rasulullah Saw yang dimintakan oleh Syekh Muhammad Samman untuk kesembuhan anaknya.
5. Seorang ulama yang bernama Abdullah Mirghani jatuh sakit karena menolak penghormatan Syekh Muhammad Samman.
KERAMAT SYEKH MUHAMMAD SAMMAN AL-MADANI (2)...
Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kekeramatan Syekh Muhammad Samman al-Madani telah terhimpun dalam kitab Manaqib al-Kubro karangan khalifahnya Syekh Siddiq bin Umar Khan al-Madani. Kemudian kitab ini diterjemahkan dalam bahasa Arab-Melayu oleh ulama Palembang Syekh Muhammad Muhyiddin bin Syihabuddin al-Jawi dalam tahun 1196H (1781) dengan judul Hikayat Keramat Syekh Muhammad Samman. Adapun beberapa keramat Syekh Muhammad Samman selanjutnya antara lain sbb:
6. Jemaah murid Syekh Muhammad Samman membaca Ratib di rumah Abdullah bin Bahis yang sedang sakit batu, Syekh Muhammad Samman tidak hadir di dalam jemaah itu. Ketika Ratib itu berlangsung, Abdullah melihat Syekh Muhammad Samman mengusap tangannya pada bagian yang sakit dari perut Abdullah, maka ia pun sembuh.
7. Tiga orang berziarah kepada Syekh Muhammad Samman masing-masing mempunyai hajat. Yang pertama ingin memperoleh dari Syekh tarekat zikir, yang kedua ingin memperoleh amalan atau wirid, dan yang ketiga ingin mempunyai anak. Ketika mereka berhadapan dengan Syekh Muhammad Samman, masing-masing merahasiakan hajatnya itu. Tiba-tiba beliau menuliskan sebuah wirid dan diberikannya kepada tamunya yang kedua, kepada tamunya yang pertama beliau mengajarkan Tarekat Zikir, dan kepada tamunya yang ketiga memberi tahukan bahwa hajatnya dikabulkan dengan memperoleh seorang anak yang shaleh.
8. Ketika jemaah murid Syekh Muhammad Samman berjalan dihadapan jenazah sambil berzikir menuju kuburan, ada seorang yang tidak suka kepada jemaah ini berkata di dalam hatinya bahwa perbuatan mereka ini adalah bid'ah. Tiba-tiba ia pun menjadi buta matanya dan tidak sembuh lagi.
9. Ahmad Syarif dari Baghdad, oleh karena kekhilafannya kepada Syekh Muhammad Samman, mendadak ia tidak dapat berkata-kata karena menyesal. Keadaan ini berlangsung selama beberapa hari. Kemudian Sayid Muhammad, salah seorang peserta jemaah Ratib Samman, bersama beberapa orang fakir membaca fatihah untuk Ahmad Syarif sesuai dengan perintah Syekh Muhammad Samman, maka ia pun sembuh.
10. Diceritakan oleh Mufarrin bin Abdul Mu'in berkata ia: " Tatkala aku berlayar dari negeri Swais kepada negeri Hijaz, dan tatkala sampai aku di tengah laut, maka aku lihat mega sangat hitamnya. Kemudian turun angin topan beserta ombaknya, hampirlah karam kapalku, maka datang takut di dalam hatiku sehabis-habis takut. Maka aku berdiri di haluan kapalku itu lalu aku berteriak sehabis-habis suaraku: YA SAMMAN ! YA MAHDALI ! Maka tiba-tiba aku melihat dua orang berjalan di atas air datang ke kapalku, satu memegang pada pihak kanan dan satu memegang pada pihak kiri. Maka berhentilah angin itu dan berhentilah ombaknya dengan berkat keramat orang dua itu dan sampailah ke negeri itu dengan selamat".
KERAMAT SYEKH MUHAMMAD SAMMAN AL-MADANI (3)...
اللهم انشر نفحات الرضوان عليه #
وامدنا بالاسرار التى اودعتهالديه
ALLAHUMMAN SYUR NAFAHATIR RIDHWANI 'ALAIHI # WA AMIDDANA BIL ASRORILLATI AUDA'TAHA LADAIHI
" Ya Allah, bentangkanlah bau harum keridhaan-Mu kepada Syekh Muhammad Samman, dan anugerahkan kepada kami berkat rahasia kewalian yang engkau titipkan kepadanya."
11. Dikhabarkan oleh seorang laki-laki yang shaleh lagi zahid, yaitu Maulana asy-Syekh Idris al-Takaki: "Tatkala aku tuju daripada negeri Swais daripada pihak jalan laut karena hendak pergi haji ke Baitullah al-Haram dan ziarah akan kubur Rasulullah Saw atas sebaik-baik pelayaran. Kemudian tiba-tiba naik kapal itu di atas karang, hampir pecah. Maka aku seru 3x YA SAMMAN ! Dengan berkat keramat Tuan Syekh Muhammad Samman itu, turunlah kapal itu dengan segeranya dari atas karang itu padahal tiada seseorang yang mengetahui yang demikian itu, maka mengucap aku alhamdulillah. Manakala datang aku ke Madinah al-Rasul, maka aku duduk pada langgar asy-Syekh Muhammad Samman di dalam beberapa masa. Tatkala ku hendak pulang ke negeri Makkah al-Musyarrafah, maka menghadap aku kepada Syekh Muhammad Samman itu dan aku khabarkan kepadanya: 'Hai Tuanku, adalah di dalam negeri hamba seorang raja sangat zalimnya kuat mengerasi harta orang, apa juga sesuatu dari pada Asma Allah yang boleh menolakkan akan kezalimannya itu?' Maka jawab Syekh Muhammad Samman itu: 'Sebut olehmu namaku tiga kali.' Maka aku ulangi pula perkataanku itu tiga kali, maka dijawabnya seperti perkataannya dahulu itu juga. Lantas aku heran di dalam hatiku, aku minta sesuatu daripada Asma Allah Ta'ala yang boleh menolakkan akan kejahatan zalim orang, maka dijawabnya sebut namaku 3x. Lalu diketahuinyalah akan rahasiaku itu, maka dikatanya: 'Adakah lupa engkau tatkala kapalmu naik di atas karang? Maka engkau sebut namaku 3x maka dilepaskan Allah Ta'ala daripada pecah kapalmu itu?' Lalu aku tersungkur di hadapan Tuan Syekh Muhammad Samman itu, aku cium kedua tapak kakinya serta aku berseru: 'Hai Tuanku, memadailah pengajaran Tuanku kepada hamba.'
Kemudian maka aku pulang ke negeri Makkah al-Musyarrafah sebab aku hendak menyempurnakan pekerjaan hajiku. Kemudian aku pulang ke negeriku, dan apabila datang sesuatu kejahatan daripada raja-raja, maka aku sebut nama Syekh Muhammad Samman itu dengan perlahan-lahan 3x, dilepaskan Allah Ta'ala dari pada kejahatannya dengan berkat keramatnya itu mujarab R.A."
KERAMAT SYEKH MUHAMMAD SAMMAN AL-MADANI (4)...
اللهم انشر نفحات الرضوان عليه #
وامدنا بالاسرار التى اودعتها لديه
ALLAHUMMAN SYUR NAFAHATIR RIDHWANI 'ALAIHI # WA AMIDNA BIL ASRORIL LATI AUDA'TAHA LADAIHI
" Ya Allah, bentangkanlah bau harum keridhaan-Mu kepada Syekh Muhammad Samman, dan anugerahkan kepada kami berkat rahasia kewalian yang engkau titipkan kepadanya."
12. Dikhabarkan oleh Sayid Muhammad Shaleh al-Sya'ab al-Madani, katanya: "Tatkala aku di Makkah al-Musyarrafah, maka perempuanku hendak beranak terlalu sangat sukarnya dan susahnya, seketika datang di dalam hatiku khawatir yang sangat. Kemudian daripada habis ikhtiarku, maka aku baca Fatihah dan aku hadiahkan kepada Syekh Muhammad Samman itu, lalu aku baca Tawassulnya hingga sampai kepada:
واجعل لنا من كل ضيق فرجا * وكل هم وبلاء مخرجا
Maka aku hendak membaca kemudian daripada itu, lantas aku lihat Syekh Muhammad Samman itu hadir di hadapanku, lalu dikatanya: 'Ulangi olehmu akan dia beberapa kali !' Maka aku ulangi akan dia seperti yang dikatanya itu, maka beranaklah perempuanku itu dengan mudahnya dengan berkat keramat Syekh Muhammad Samman."
13. Keramat Syekh Muhammad Samman R.A yang didapat oleh Syekh Abdullah Basri difitnahkan orang akan dia salah pekerjaannya, maka orang habas (ditahan) akan dia di dalam penjara serta dirantai dengan rantai besi, yaitu pada malam 7 likur bulan Ramadhan di dalam negeri Makkah al-Musyarrafah pada tempat yang bernama Darus Sa'adah. Dan manakala waktu isya', maka dibacanya Tawassul Syekh Muhammad Samman itu hingga sampai kepada:
يا رب واغفر للعبيد الجانى * محمدن الشهير بالسمان
Lalu ia berteriak sehabis-habis suaranya: YA SAMMAN ! 3x, maka tiba-tiba jatuh rantai itu daripada lehernya. Maka dirantai orang pula hingga tiga kali di dalam tiga malam, dan tiap-tiap ia kena rantai itu lalu dibacanya Tawassul itu pula serta ia berteriak 3x sampai kepada bacaannya yang tersebut itu, maka jatuh pula rantai itu dari pada lehernya. Kemudian diketahui orang akan dia itu anak murid Syekh Muhammad Samman, maka dilepaskan orang akan dia itu dari penjaranya itu, lagi diperbaiki orang akan dia serta diberi harta akan dia. Kemudian daripada itu, maka ditanya orang akan dia ketika ia duduk di Babul Ziadah, yaitu pintu Masjid al-Haram: "Apa yang engkau lihat di dalam penjara itu ?" Lalu katanya: "Tatkala aku berteriak YA SAMMAN 3x, maka aku lihat Syekh Muhammad Samman itu berdiri di hadapanku padahal ia seperti rupa marah, dan manakala aku pandang akan dia, maka tersungkur aku lupa pada diriku seperti kelenger, yakni pingsan. Dan manakala imut, yakni sadar aku, maka aku dapat rantai itu sudah jatuh dari pada leherku dengan berkat keramat Syekh Muhammad Samman itu."
KERAMAT SYEKH MUHAMMAD SAMMAN AL-MADANI (5)...
اللهم انشر نفحات الرضوان عليه #
وامدنا بالاسرار التى اودعتهالديه
ALLAHUMMAN SYUR NAFAHATIL RIDHWANI 'ALAIHI # WA AMIDDANA BIL ASRORILLATI AWDA'TAHALADAIHI
"Ya Allah, bentangkanlah bau harum keridhaan-Mu kepada Syekh Muhammad Samman, dan anugerahkan kepada kami berkat rahasia kewalian yang engkau titipkan kepadanya."
15. Sebagian keramat Tuan Syekh Muhammad Samman r.a. itu kemudian daripada wafatnya yang didapat oleh al-'arif billah Syekh Muhammad Aqib bin Hasanuddin al-Palembani (w.1849): Adalah ia menanggung hutang banyaknya 1060 ringgit, padahal tiada ada jalan yang boleh melepaskan daripada hutangnya itu. Maka tawajjuh ia kepada Syekh Muhammad Samman itu serta berkata: "Jikalau sungguh Tuan Syekh Muhammad Samman Qutub yang mempunyai keramat yang amat besar, niscaya dilepaskan Allah dari pada segala hutangku ini." Maka belum ada genap setahun lamanya daripada perkataannya itu, maka dilepaskan Allah Ta'ala daripada segala hutangnya itu dengan berkat keramat Syekh Muhammad samman itu."
16. Diriwayatkan pula oleh Syekh Muhammad Aqib bin Hasanuddin al-Palembani, ia berkata: "Jikalau kita ada suatu hajat, baik urusan dunia maupun akhirat yang sangat sulit untuk dilaksanakan. Maka bertawajjuhlah kepada Allah serta membaca Tawassul Ratib Syekh Muhammad Samman, niscaya dimudahkan Allah Swt dengan segera semua hajatnya itu."
Sumber Tuan Guru Kms.H.Andi Syarifuddin as-Sammani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Terimakasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan"